« Home | My New Book » | Here I Am » | The Important of Having Community » | Pelajaran Dari Jogja » 

Sunday, January 30, 2005 

My Published Books

Seperti yang terakhir kali aku bilang, aku akan upload buku-buku yang pernah aku tulis dan sudah diterbitkan. Ada 6 buku, namun hanya 3 yang pakai namaku--baik nama asli ataupun nickname. Yeah, dulu aku belum begitu paham soal penerbitan buku komputer, jadinya ketiga buku pertamaku aku diterbitkan tanpa pakai namaku.
Sudahlah, itu masa lalu. Yang penting sekarang dan seterusnya aku akan pastikan semuanya berjalan seperti yang kuinginkan.
Berikut judul-judul bukuku berdasarkan urutan terbitnya:

Membuat Animasi Web Dengan Macromedia Fireworks MX

Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta

Buku ini membahas tentang pembuatan website yang animatif dengan program Macromedia Fireworks MX. Ini benar-benar buku pertamaku, sekaligus pengalaman pertama menulis sesuatu yang baru, karena sebelumnya aku belum pernah membuat tulisan sebanyak kurang lebih 300 halaman. benar-benar sebuah upaya keras, dan memberiku banyak inspirasi.

***

Panduan Lengkap Adobe Photoshop Elements 2.0

Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta

Pada buku kedua ini aku lebih berpengalaman dalam menulis, meski tak seantuasias dalam pembuatannya seperti pada buku pertama. Buku ini membahas tentang penggunaan program Adobe Photoshop Elements 2.0, yaitu versi simple dari program pengolah foto Adobe Photoshop. Aku berusaha membahas segala fitur dan fasilitas yang ditawarkan program ini semakasimal mungkin.

***

100 Efek Populer Adobe Photoshop

Penerbit : Salemba Infotek

Ini benar-benar buku kerja keras. Bayangkan saja, di dalamnya aku menulis tutorial--jenis buku yang benar-benar berbeda dengan 2 buku sebelumnya, karena di sini aku harus mengajarkan langkah demi langkah untuk membuat 100 efek dengan program Adobe Photoshop--kebetulan aku memakai Photoshop versi 7. Sementara kalau 2 buku sebelumnya lebih seperti panduan mengenai penggunaan suatu program, maka dalam buku ketiga ini aku memfokuskan pada aplikasi secara langsung berdasarkan kasus-kasus riil yang kerap ditemui user.

Huahh.......benar-benar capek. But, it's great you know to realize that you can do almost anything.

***

Desain Kreatif Dengan Adobe Photoshop CS

Penerbit : Elexmedia Komputindo

Nah, ini baru benar-benar bukuku. Ini benar-benar buku yang aku suakai, Karena lewat buku inilah pertama kali aku benar-benar menulis untuk diriku. Dan juga aku bisa mencantumkan nickname-ku di sana.

Buku ini membahas penggunaan program grafis Adobe Photoshop CS (Creative Suite), yaitu rilis terbaru program Photoshop. Bisa dikatan juga buku ini adalah titik balik perjuanganku sebagai seorang penulis buku. Aku mengurusi mulai dari penawaran proposal penerbitan, negosiasi macam-macam, hingga melihatnya terpajang di rak-rak buku toko-toko. Semuanya tak lepas dari e-mail ku yang setia yang menjadi jembatan penghubung kami.

Aku sangat berterima kasih kepada Elexmedia Komputindo yang mau menerbitkan naskah-ku, terutama Bapak Vincent--thanks alot, it's always been a great pleasure to work with you.

Saat dapat konfirmasi pertama kali lewat email kalau buku ini akan terbit, rasanya luar biasa, gak terbayangkan. Aku bahkan ketawa-ketawa sendiri sepanjang kalan dari warnet di Simpang Lima ke kantorku. Hauahahahaha :)

Yeah, benar-benar sebuah titik balik.

***

Mengenal Adobe Photoshop CS

Penerbit :Andi Offset, Yogyakarta

Buku ini juga sangat berarti bagiku. Meski 2 bukuku sebelumnya juga diterbitkan Andi Offset, namun rasanya berbeda saat buku ini terbit dan ada namaku di covernya. Meski secara jujur aku tidak begitu ska dengan desain covernya. Aku ga' tahu siapa orang Andi Offset yang mendesainnya. benar-benar kurang menarik. Meski aku benari bilang isi buku ini sangat-sangat baik--bukan promosi lho.

Buku ini juga membahas mengenai pengenalan program Adobe Photoshop CS kepada pengguna pemula. Jadi lebih banyak menyoroti hal-hal fundamental yang sekiranya perlu diketahui oeleh siap saja yang masih baru dalam bidang desain.

***

Manipulasi Foto Dengan Adobe Photoshop CS

Penerbit : Andi Offset. Yogakarta

Buku keduaku yang diterbitkan Andi Offset ini bersifat aplikatif, dimana di dalamnya aku membahas mengenai bedah kasus beberapa masalah yang paling banyak ditemui oleh semua orang yang menggunakan program Adobe Photoshop untuk melakukan pengeditan maupun perbaikan foto. Melalui buku ini aku coba untuk mengeksplorasi sisi desain yang lebih bersifat ready to use.

Meski lebih ditujukan untuk pengguna level menengah, namun bagi pengguna pemula pun buku ini mudah untuk dicerna, sekaligus gampang untuk langsung diujicoba dalam keseharian. It's a great book, I assure you.

Jika kebetulan Anda berminat untuk mempelajari desain grafis, atau mungkin hanya hobi untuk main-main memanipulasi foto dan sebagainya, buku-buku yang pernah aku tulis di atas sangat layak untuk dibaca. Mungkin juga kita bisa bertukar pengalaman mengenai hal-hal yang terkait dengannya.

Aku akan sangat berterima kasih jika Anda mau memberi komentar, kritik atau saran mengenai apapun yang terkait dengan desain grafis dan terutama bukuku.